Tugas 4 Siskomdig Meresume LKS Hal 21 - 26
Resume
Materi: Mengolah kata di perangkat lunak
Nama : Mohammad Farid Rahmadhani
Kelas : X - TKK
No. Absen : 25
1. Menggunakan microsoft office word 2007
Microsoft office word adalah aplikasi pengolah data atau word processor merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata dan berkaitan dengan dokumen. Kegiatan yang dapat dilakukan menggunakan aplikasi pengolah kata seperti tahapan, membuat, mengedit, memodifikasi, menyunting ataupun mencetak dokumen
Aplikasi pengolah kata memiliki beragam jenis, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Microsof word adalah aplikasi berbayar di bawah lisensi Microsoft.
Aplikasi microsoft word memiliki beragam versi. Pada dasar nya setiap versi memiliki fungsi yang sama yaitu mengolah kata, perbedaan nya hanya pada fitur fitur yang ditambahkan di versi terbaru. Cara menggunakan Ms. Word 2007 cukup mudah dengan cara klik Start > All program > Microsoft office > Microsoft office word 2007.
2. Fitur - Fitur Microsoft office word 2007
Microsoft office word dilengkapi beragam fitur. Berikut macam macam fitur beserta penjelasan nya.
• Office Button : Tombol yang digunakan untuk menampilkan semua perintah yang berkaitan dengan pengolahan dokumen.
• Quick Access Toolbar; toolbar yang berisi ikon ikon perintah yang sering digunakan.
• Title Bar : Baris judul dari dokumen yang sedang aktif.
• Control Button: Tombol untuk mengendalikan jendela aplikasi Ms.word .
- Ada tiga macam tombol yaitu,
# Maximize untuk memperbesar layar jendela sampai penuh ,
# Minimize untuk Memperkecil jendela ,
# Close untuk menutup jendela.
• Menu Bar :Merupakan bagian tabulasi menu yang berisikan sederetan grup/kelompok ikon yang otomatis akan muncul menyesuaikan dengan yang dikerjakan.
• Grup : Bagian dari tab menu yang berisi ikon ikon pengerjaan progam.
• Help Button : Tombol untuk menampilkan jendela bantuan tentang penggunaan Ms.Word 2007.
• Tombol Kotak Dialog : Tombol yang berfungsi untuk menampilkan kotak dialog lanjutan.
• Ruler : Merupakan bagian untuk mengatur ukuran lembar kerja serta identasi paragraf. ruler dibagi menjadi dua yaitu, horizontal ruler dan vertical ruler.
• Lembar Kerja : Tempat untuk mengetik dan mengolah dokumen.
• Scroll Bar : Bagian yang berfungsi untuk menggeser lembar kerja , ada dua macam yaitu , scroll bar horizontal dan scroll bar vertical.
• Status Bar : Bagian yang berisi informasi tentang halaman yang sedang aktif.
• View Toolbar : Bagian yang berisi tombol tombol untuk mengatur lembar kerja.
• Zoom Control : merupakan bagian yanng berisi panel untuk mengatur ukuran tampilan lembar kerja.
3. Mengolah data di Ms.Word 2007
A. Membuat dokumen baru
Klik ikon new pada quick access toolbar. Maka,akan muncul jendela new document
Klik blank document , Kemudian pilih tombol create. Maka, lembar kerja dokumen yang baru akan muncul
B. Menyimpan Dokumen
Klik office button pada jendela Ms Word , pilih menu save as
Maka akan muncul kotak dialog save as
Pada bagian save in pilih drive atau folder yang diinginkan
Ketik nama file pada bagian file name
Klik tombol save
C. Membuka Dokumen
Menggunakan menu open yang terdapat pada office button
lalu cari FIle yang ingin dibuka
Tekan tombol Open setelah memilih file
D. Menyalin Dokumen
Lakukan blok atau seleksi pada paragraft
Pada grup clipboard , klik ikon copy
pilih lembar kerja, Pindahkan kursor ke tempat salinan diletakan
Klik ikon paste pada grup clipboard
E. Memindah Dokumen
Lakukan Blok atau seleksi pada teks atau objek yang ingin dipindahkan
Klik ikon cut pada grup clipboard
Pilih lembar kerja , Pindahkan kursor ke tempat salinan diletakkan
Klik ikon paste pada grup clipboard
F. Mencetak Dokumen
Tekan office button pada jendela Ms Word 2007, kemudian pilih Print
Maka , Akan muncul jendela print
Lalu tekan ok , apabila sudah siap di print
G .Mengatur Batas Margin Halaman
Margin adalah jarak antara teks atau batas pengetikan dan tepi kertas. Untuk mengatur margin halaman bisa menggunakan ruler atau ikon marging yang terdapat pada tab menu page layout.
Aktifkan dokumen yang akan diatur batas margin nya
Pada tab Page layout - grup Page setup - klik ikon Margins.
Pilih salah satu ukuran margin yang diinginkan
Apabila ingin mengatur batas margin lebih lanjut , klik pada pillihan Custom Margins sehingga muncul jendela Page setup
Atur batas margin sesuai dengan yang diinginkan
Setelah selesai, klik tombol ok
4. Memformat Dokumen Ms Word 2007
a. Pengaturan teks
Jika ingin mengatur teks pada paragraft menggunakan cara berikut :
Lakukan seleksi pada teks yang akan di format
Klik pada salah satu ikon yng terdapat pada tab menu Home - grup Font
b. Pengaturan paragraft
1) Indentesi paragraft
Indentesi adalah jarak antara batas pengetikan (margin kiri) dan teks paragraft .Untuk mengatur indentesi paragraft salah satu nya menggunakan fasilitas ruler. Ruler merupakan satuan ukuran yang terletak di bagian atas dan bagian kiri lembar kerja.ruler. Berikut adalah bagian bagian dari ruler
- first Line Indent, untuk mengatur posisi awal huruf pertama pada paragraft baru
- Hanging Indent, untuk mengatur paragraft gantung atau indentasi baris berikutnya
- Left Indent, untuk mengatur batas kiri paragraft
- Right Indent, untuk mengatur batas kanan paragraft
Cara melakukan Indentasi paragraf menggunakan ruler adalah sebagai berikut :
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur indentasinya
b) Pada bagian ruler lakukan klik, tahan , dan geser pada bagian First Line Indent,Left Indent, Hanging Indnet atau Right Indent
2) Mengatur Perataan Paragraf
Untuk mengatur perataan pada paragraf menggunakan cara seperti berikut :
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang inging diatur perataannya
b) Pada tab Home - grup Paragraph - klik salah satu ikon perataan ,yaitu Align Text Left,Center Alight Text Right , atau Justify.
3) Mengatur jarak spasi
Untuk Mengatur jarak spasi menggunakan cara seperti berikut :
a) lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur jarak spasi nya
b) Pada tab menu Home - grup Paragraph - klik ikon Line spacing
c) lalu pilih jarak yang diingin kan
4) Membuat Penomoran Otomatis
Ms Office Word 2007 menyediakan fasilitas untuk membuat penomoran berupa angka ataupun gambar secara otomatis menggunakan format bullets dan numbering. Untuk membuat penomoran angka secara otomatis menggunakan cara sebagai berikut :
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diberi penomoran
b) Pada tab menu Home - grup Paragraf - klik pada ikon numbering apabila menggunakan angka , klik pada ikon bullets apabila menggunakan huruf atau bulat.
c) Pilih salah satu jenis lalu tekan ok
5) Membuat Header dan Footer
Header merupakan catatan kepala yang biasanya menempati bagian margin atas(top) halaman , sedangkan Footer merupakan catatan kaki yang biasanya menempati bagian bawah margin (bottom) halaman. Header dan Footer bisa diisi dengan teks,gambar,tabel,nomor halaman, atau tanggal dan waktu. Untuk membuat Header adalah sebagai berikut
1.) Buka dokumen yanng akan diberi Header
2.) Pada tab menu Insert - grup Header & Footer - klik ikon Header.
3.) Pilih salah satu layout header yang diinginkan.
4.) Klik pada bagian Type Text dan ketik teks sesuai yang diinginkan
5.) Setelah selesai, klik tombol Close Header & Footer .
Untuk membuat Footer caranya adalah sebagai berikut :
1.) Buka dokumen yang akan diberi footer
2.) pada tab menu Insert - grup Header & Footer - klik ikon Footer.
3.) Pilih salah satu layout footer yang diinginkan
4.) Klik pada bagian Type Text dan ketik teks sesuai yang diinginkan
5.) Setelah selesai, klik tombol Close Header & Footer
Sekian Terimakasih.
Komentar
Posting Komentar