Tugas 4 Siskomdig Meresume LKS Hal 21 - 26

                           Resume

Materi: Mengolah kata di perangkat lunak

Nama : Mohammad Farid Rahmadhani

Kelas : X - TKK

No. Absen : 25


1. Menggunakan microsoft office word 2007


           Microsoft office word adalah aplikasi pengolah data atau word processor merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata dan berkaitan dengan dokumen. Kegiatan yang dapat dilakukan menggunakan aplikasi pengolah kata seperti tahapan, membuat, mengedit, memodifikasi, menyunting ataupun mencetak dokumen


      Aplikasi pengolah kata memiliki beragam jenis, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Microsof word adalah aplikasi berbayar di bawah lisensi Microsoft.


      Aplikasi microsoft word memiliki beragam versi. Pada dasar nya setiap versi memiliki fungsi yang sama yaitu mengolah kata, perbedaan nya hanya pada fitur fitur yang ditambahkan di versi terbaru. Cara menggunakan Ms. Word 2007 cukup mudah dengan cara klik  Start > All program > Microsoft office > Microsoft office word 2007.


2. Fitur - Fitur Microsoft office word 2007


Microsoft office word dilengkapi beragam fitur. Berikut macam macam fitur beserta penjelasan nya.


Office Button : Tombol yang digunakan untuk menampilkan semua perintah yang berkaitan dengan pengolahan dokumen. 


Quick Access Toolbar; toolbar yang berisi ikon ikon perintah yang sering digunakan. 


Title Bar : Baris judul dari dokumen yang sedang aktif. 


Control Button: Tombol untuk mengendalikan jendela aplikasi Ms.word .

- Ada tiga macam tombol yaitu,

# Maximize untuk memperbesar layar jendela sampai penuh ,

# Minimize untuk Memperkecil jendela ,

# Close untuk menutup  jendela. 


Menu Bar :Merupakan bagian tabulasi menu yang berisikan sederetan grup/kelompok ikon yang otomatis akan muncul  menyesuaikan dengan yang dikerjakan. 


Grup : Bagian dari tab menu yang berisi ikon ikon pengerjaan progam. 


Help Button : Tombol untuk menampilkan jendela bantuan  tentang penggunaan Ms.Word 2007.


Tombol Kotak Dialog : Tombol yang berfungsi untuk menampilkan kotak dialog lanjutan. 


Ruler : Merupakan bagian untuk mengatur ukuran lembar kerja serta identasi paragraf. ruler dibagi menjadi  dua yaitu, horizontal ruler dan vertical ruler. 


Lembar Kerja : Tempat untuk mengetik dan mengolah dokumen. 


Scroll Bar : Bagian yang berfungsi untuk menggeser lembar kerja , ada dua macam yaitu , scroll bar horizontal dan scroll bar vertical. 


Status Bar : Bagian yang berisi informasi tentang halaman yang sedang aktif. 


View Toolbar : Bagian yang berisi tombol  tombol  untuk mengatur lembar kerja. 


Zoom Control : merupakan bagian yanng berisi panel untuk mengatur ukuran tampilan lembar kerja. 


3. Mengolah data di  Ms.Word 2007

 

 A. Membuat dokumen baru

Klik ikon new pada quick access toolbar. Maka,akan muncul jendela new document

Klik blank document , Kemudian pilih tombol create. Maka, lembar kerja dokumen yang baru akan muncul


B. Menyimpan Dokumen

Klik office button pada jendela Ms Word , pilih menu save as

Maka akan muncul kotak dialog save as

Pada bagian save in pilih drive atau folder yang diinginkan 

Ketik nama file pada bagian file name 

Klik tombol save


C. Membuka Dokumen 

Menggunakan menu open yang terdapat pada office button

lalu cari FIle yang ingin dibuka

Tekan tombol Open setelah memilih file


D. Menyalin Dokumen

Lakukan blok atau seleksi pada paragraft 

Pada grup clipboard , klik ikon copy 

pilih lembar kerja, Pindahkan kursor ke tempat salinan diletakan

Klik  ikon paste pada grup clipboard 


 E. Memindah Dokumen

 Lakukan Blok atau seleksi pada teks atau objek yang ingin dipindahkan 

Klik ikon cut pada grup clipboard

Pilih lembar kerja , Pindahkan kursor ke tempat salinan diletakkan 

Klik ikon paste pada grup clipboard


F. Mencetak Dokumen

Tekan office button pada  jendela Ms Word 2007, kemudian pilih Print

Maka , Akan muncul jendela print

Lalu tekan ok , apabila sudah siap di print 


G .Mengatur Batas Margin Halaman

Margin adalah jarak antara teks atau batas pengetikan dan tepi kertas. Untuk mengatur margin halaman bisa menggunakan ruler atau ikon marging yang terdapat pada tab menu page layout.


Aktifkan dokumen yang akan diatur batas margin nya

Pada tab Page layout - grup Page setup - klik ikon Margins.

Pilih salah satu ukuran margin yang diinginkan

Apabila ingin mengatur batas margin lebih lanjut , klik pada pillihan Custom Margins sehingga muncul jendela Page setup 

Atur batas margin sesuai dengan yang diinginkan 

Setelah selesai, klik tombol ok


4. Memformat Dokumen Ms Word 2007


a. Pengaturan teks

Jika ingin mengatur teks pada paragraft menggunakan cara berikut :

Lakukan seleksi pada teks  yang  akan di format

Klik pada salah satu ikon yng terdapat pada  tab menu Home - grup Font


b. Pengaturan paragraft 


      1) Indentesi paragraft


                    Indentesi adalah jarak antara batas pengetikan (margin kiri) dan teks paragraft .Untuk mengatur indentesi paragraft salah satu nya menggunakan fasilitas ruler. Ruler merupakan satuan ukuran yang terletak di bagian atas dan bagian kiri lembar kerja.ruler. Berikut adalah bagian bagian dari ruler


- first Line Indent, untuk mengatur posisi awal huruf pertama pada paragraft baru


- Hanging Indent, untuk mengatur paragraft gantung atau indentasi baris berikutnya


- Left Indent, untuk mengatur batas kiri  paragraft


- Right Indent, untuk mengatur batas kanan paragraft


Cara melakukan Indentasi paragraf menggunakan ruler adalah sebagai berikut : 


        a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur indentasinya

        b) Pada bagian ruler lakukan klik, tahan , dan geser pada bagian First Line Indent,Left Indent,  Hanging Indnet atau Right Indent


    2) Mengatur Perataan Paragraf

      Untuk mengatur perataan pada paragraf menggunakan cara seperti berikut :


        a)  Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang inging diatur perataannya

        b)  Pada tab Home - grup Paragraph - klik salah satu ikon perataan ,yaitu Align Text Left,Center Alight Text Right , atau Justify.


    3) Mengatur jarak spasi 

     Untuk Mengatur jarak spasi menggunakan cara seperti berikut :


       a) lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur jarak spasi nya

       b) Pada tab menu Home - grup Paragraph - klik ikon Line spacing 

       c) lalu pilih jarak yang diingin kan


   4) Membuat Penomoran Otomatis 


           Ms Office Word 2007 menyediakan fasilitas untuk membuat penomoran berupa angka ataupun gambar secara otomatis menggunakan format bullets dan numbering. Untuk membuat penomoran angka secara otomatis menggunakan cara sebagai berikut : 


a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang  akan diberi penomoran


b) Pada tab menu Home - grup Paragraf - klik pada ikon numbering apabila menggunakan angka , klik pada ikon bullets apabila menggunakan huruf atau bulat.


c) Pilih salah satu jenis lalu tekan ok


    5) Membuat Header dan Footer


           Header merupakan catatan kepala yang biasanya menempati bagian margin atas(top) halaman , sedangkan Footer merupakan catatan kaki yang biasanya menempati bagian bawah margin (bottom) halaman. Header dan Footer bisa diisi dengan teks,gambar,tabel,nomor halaman, atau tanggal dan waktu. Untuk membuat Header adalah sebagai berikut


1.) Buka dokumen yanng akan diberi Header


2.) Pada tab menu Insert -  grup Header & Footer - klik  ikon Header.


3.) Pilih salah satu layout header yang diinginkan.


4.) Klik pada bagian Type Text dan ketik teks sesuai yang diinginkan


5.) Setelah selesai, klik tombol Close Header & Footer .


        Untuk membuat Footer caranya adalah sebagai berikut : 


1.) Buka dokumen yang akan diberi footer


2.) pada tab menu Insert - grup Header & Footer - klik ikon Footer.


3.) Pilih salah satu layout footer yang diinginkan


4.) Klik pada bagian Type Text dan ketik teks sesuai yang diinginkan


5.) Setelah selesai, klik tombol Close Header & Footer


Sekian Terimakasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 7 Siskomdig Search Engine

Tugas 3 Siskomdig Meringkas/Merangkum LKS Hal 21 - 26